Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan

By Fredi A. Malabali, M.Pd. 07 Agu 2022, 19:27:04 WIB Pendidikan
Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan

Dalam implementasi Kurikulum Merdeka, pemerintah memberikan kesempatan kepada pendidik dan satuan pendidikan untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai dengan kesiapan masing-masing. Seperti halnya peserta didik belajar sesuai dengan tahap kesiapan belajar mereka, pendidik dan satuan pendidikan juga perlu belajar mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai dengan kesiapan masing-masing, dan berangsur-angsur semakin mahir dalam menggunakannya.

Tahapan ini dirancang untuk membantu pendidik dan satuan pendidikan dalam menetapkan target implementasi Kurikulum Merdeka. Kesiapan pendidik dan satuan pendidikan tentu berbeda-beda, oleh karena itu tahapan implementasi ini dirancang agar setiap pendidik dapat dengan percaya diri mencoba mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Kepercayaan diri yang dimaksud merupakan keyakinan bahwa pendidik dapat terus belajar dan mengembangkan kemampuan dirinya untuk melakukan yang terbaik dalam mengimplementasikan kurikulum, dan yang lebih penting lagi, dalam mendidik. Kemampuan untuk terus belajar merupakan modal penting bagi pendidik.

Untuk lebih lengkapnya dapat disimak dalam bahan bacaan di tautan  Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan.

sumber : Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek RI tahun 2022




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment