Pedoman dan Perangkat Akreditasi Sekolah/Madrasah IASP 2020
Perangkat Akreditasi SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA

By Fredi A. Malabali, M.Pd. 10 Feb 2023, 13:16:18 WIB Pendidikan
Pedoman dan Perangkat Akreditasi Sekolah/Madrasah IASP 2020

Akreditasi sekolah adalah proses evaluasi formal yang dilakukan terhadap kualitas suatu sekolah, yang dilakukan oleh suatu badan akreditasi independen. Tujuan dari proses akreditasi sekolah adalah untuk memastikan bahwa sekolah memenuhi standar pendidikan yang ditentukan dan memiliki sumber daya yang memadai untuk menyelenggarakan program pendidikan yang berkualitas.

Proses akreditasi sekolah melibatkan pemeriksaan dokumen dan informasi tertulis, wawancara dengan staf dan siswa, dan evaluasi langsung terhadap fasilitas dan program pendidikan. Badan akreditasi akan menilai berbagai aspek, seperti kualitas guru, program pendidikan, fasilitas, dan sumber daya lainnya, untuk memastikan bahwa sekolah memenuhi standar yang ditentukan.

Hasil dari proses akreditasi akan diterbitkan dalam bentuk laporan yang menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari sekolah, serta rekomendasi untuk peningkatan kualitas pendidikan di masa depan. Tingkat akreditasi sekolah dapat menjadi faktor penting bagi orang tua dalam memutuskan sekolah mana yang akan dipilih untuk anak mereka.

Tahun 2019, BAN-S/M menetapkan kebijakan prioritas dengan menyusun Perangkat Akreditasi yang baru, atau disebut Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP-2020). Penuysunan Instrumen Akreditasi baru merupakan sadalah kebutuhan mendesak seiring dengan dinamika pendidikan yang mengalami begitu banyak perubahan. Selain itu, penyusunan instrumen baru ini karena BAN-S/M akan menerapkan pendekatan baru dalam penilaian akreditasi Sekolah/Madrasah dari penilaian berbasis administrasi (compliance) menjadi penilaian berbasis kinerja (performance based) atau dari rules to principles. Pergeseran paradigma dalam pelaksanaan akreditasi ini mutlak diperlukan sebagai bagian penting dari upaya BAN-S/M sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan untuk ikut ambil bagian dalam mendorong continous improvement, yaitu perubahan akreditasi Sekolah/Madrasah ke arah yang lebih baik yang difokuskan pada penilaian Sekolah/Madrasah pada pemenuhan mutu yang lebih substantif.

IASP-2020 dikembangkan dengan menitikberatkan penilaian pada 4 (empat) komponen penilaiann yaitu Mutu Lulusan, Proses Pembelajaran, Mutu Guru, dan Manajemen Sekolah/Madrasah dan mencakup jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, dan SLB. Pengembangan IASP-2020 yang memakan waktu selama 2 (dua) tahun ini telah dilakukan mengacu pada banyak hasil penelitian baik di tingkat nasional maupun internasional terkait sekolah/madrasah efektif, akreditasi, dan riset-riset terkait penjaminan mutu pendidikan. Dalam penyusunannya, IASP-2020 juga dirancang dengan melibatkan banyak pakar dari berbagai latarbelakang (termasuk pakar dari luar negeri), praktisi pendidikan, BAN-S/M Provinsi dan asesor yang selama ini konsen dengan program akreditasi sekolah/madrasah.

 

Berikut pedoman dan Perangkat Akreditasi IASP 2020

 

No.

Keterangan

Kategori

Unduh

1

Kepmendikbudristek 209/P/2021 Tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah (IASP2020)

Perangkat Akreditasi

UNDUH

2

IASPK2019 (Kepmendikbud 395_P_2019)

Perangkat Akreditasi

UNDUH

3

IASP2020 Jenjang SD/MI

Perangkat Akreditasi

UNDUH

4

IASP2020 Jenjang SMP/MTs

Perangkat Akreditasi

UNDUH

5

IASP2020 Jenjang SMA/MA

Perangkat Akreditasi

UNDUH

6

IASP2020 Jenjang SMK/MAK

Perangkat Akreditasi

UNDUH

7

IASP2020 Jenjang SLB/MLB

Perangkat Akreditasi

UNDUH

 

Semoga Bermanfaat, Terima Kasih..




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment